Jumat, 09 Juli 2010

7 KARAKTER KAYA MENTAL UNTUK SUKSES

Dari semua legenda, mulai dari zaman Romawi Kuno hingga tokoh-tokoh fiksi yang melegenda hasil karya tangan-tangan kreatif didunia perfilman modern, ada satu kesamaan nyata yang melekat. Yakni, semua tokoh yang tercipta,pasti meninggalkan berupa karakter kuat yang menjadikan mereka seorang yang dikenang sepanjang massa. Tipikal kisahnya pun bisa dikata senada. Hidup dengan penderitaan, namun mampu terus berjuan hingga menjadipemenang sejati dalam kehidupan. Gemblengan berupa halangan dan tantangan adalah “kawah candradimuka” yang membentuk merekan menjaduu pribadi kuat dan bersahaja. Ibarat berlian yang tak ternilai harganya, tempaan yang membuatnya menjadi batu undah nan keraslah yang membuatnyam emiliki karakter sebagai batu berharga.

Begitu pula kehidupan kita. Kekuatan karakter yang terbentuk dalam perjuangan menjalani kehidupan akan menjadi pembeda antara suatu pribadi dengan yang lainnya. Disinilah pentingnya tempaan mental sehingga seorang Soekarno dan Mohammad hatta mampu menjadi Bapak Bangsa yang dikenal sepanjang masss. Atau, bagaimana pula seorang Bunda Theresa dikenal seluruh Indonesia dengan kisah cinta kasihnya meski ia hidup sangat sederhana. Tak hanya itu, masih banyak tokoh dunia lain yang dikenang dan dikenal hingga melewati batas zaman. Mereka telah berhasil mengukir namanya dengan tuinta emas yang tak kan hilang sepanjang kehidupan.

Lantas, bagaimana agar mampu menjadi pribadi yang dikenang dengan keunggulan dan kekuatan kita? Seperti filosofi yang sering saya sebut:”Success is my right”, sukses adalah hak saya, hak anda, hak semua orang yang menyadari, menginginkan dan memperjuangkan dengan sepenuh hati, maka setiap orang perlu sadar dan kemudian berusaha mewujudkan impiannya dengan cara-cara yang terukur, terencana, dan penuh perhitungan yang dilandasi karakter yang serung saya sebut sebagai kaya mental.

Ada sebuah ungkapan:”Kehilangan harta, kehilangan saru hal; kehilangan kesehatan, kehilangan banyak hal; kehilangan karakter, kehilangan segalanya.” Ha tersebut menggambarkan betapa pentingnya karakter untuk terus dilebur dalam berbagai tindakan gunameraih kesuksesan. Untuk itu, agar semakin mantap melangkah, berikut 7 karakter utama yang kayamental yang bisa kita praktikkan untuk mencapau apa yang di impikan

1.Selalu berfikir positif

Salah satu kunci sukses yang perlu kita tanamkan adalah berpikir serba mungkin. Presiden John F Kennedy pernah bermimpi untuk mengirimkan orang ke bulan. Dan, itulah kenyataan yang terjadi sekarang. Inilah bukti bahwa sebuah impian jika terus dipelihara dan dipupuk dengan tindakan-tindakan nyatam akan membuka jalan menuju kesuksesan. Pikiran positif akan mengarahkan kita pada berbagai pencapaian yang terukur dan terencana, demi mencapai tujuanyang di impikan.

2.Punya integritas

Seseorang yang memiliki intgritas akan menjadi sosok yang bisa dipercaya dan mampu menjadi pribadi yang utuh dan memancarkan kewibawaan untuk melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Mohammad Hatta adalah satu tokoh berintegritas tinggi yang sangat dikenal antikorupsi. Dalam satu kisah, beliau disebut harus menabung beberapa tahun untuk membeli sepatu yang diidamkan. Padahal dengan jabatan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, seharusnya dengan mudah Bung Hatta mendapatkannya

3.Tanggung jawab

Sebagai pribadi unggulan maja tanggung jawab harus menjadi prioritas intuk mengerjakan semua tugas. Seorang prajurit rela bertempur di medan laga dan bertaruh nyawa kan dikenang sebagai pribadi [enuh tanggung jawab. Dalam hal ini, tanggung jawab harus dilaksanakan dengan sepenuh hati untuk memberikan hasil maksimal dari apa yang harus dikerjakan. Seorang Bill Porter, sales,an mempu melegenda meski cacat, ia menunjukkan tanggung jawab yang luar biasa pada profesinya. Ditolak berkali-kali, Bill Porter tak pernah menyerah karena apa yang diperjuangkan saat itu baginya adalah tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan/

4.Disiplin

Bangsa yan maju, pasti memiliki kedisiplinan yang tinggi. Jepang, Korea, atau negara tetangga kita, Singapura. Jika diperhatikkan, negara-negara tersebut memiliki di mana semua tepat waktu, bekerja dengan ritme teratur, serta tertata dengan tapi sehingga apa yang di kerjakan mampu berjalan dengan maksimal. Kebiasaan – kebiasaan semacam itu membentuk masyatakan di sana menjadi pribadi-pribadi yang mengerti dan taat aturan. Tak heran jika mereka mengalami kemajuan dengan karakter positif yang tertanam dalam kedisiplinan yang dijalankan.

5.Menghargai orang lain

Kemampuan untuk menghargai orang lain akan melahirkan toleransi dan kebersamaan yang membawa kebaikan bersama. Menghormati setiap kewajiban dan hak masing-masing, serta mampu menempatkan diri ditengah masyarakat, termasuk juga selalu peduli pada orang lain adalah kekayaan mental yang akan membawa kebahagiaan bersama. Bunda Theresa adalah satu contoh nyata bagaimana keteguhan hatinya untuk berbagi cinta kasih dan kepedulian dengan menghargai sesama telah menjadikannya sebagai tokoh yang dikenang sepanjang massa.

6.Selalu berfikir kedepan

Agar enjadi manusia unggulan, kita harus selalu memiliki visi jauh ke depan. Sebab, dengan visi itulah, kita akan selalu bisa menentukan target besar dan menantang untuk diraih sehingga semangat terus berkobar untuk mencapainya. Dengan selalu berpikir one step ahead kita akan terbiasa untuk menyiapkan perencanaan-perencanaan yang akan memantapkan jalan menuju impian. Bill Gates adalah contoh seseorang yang memiliki visi jauh kedepan saat dirinya akan menghadirkan komputer ke rumah-rumah. Terbukti, visi tersebut kini telah menjadi nyata dan kehadiran Microsoft sebagai raja software.

7.Sadar bahwa tidak ada jalan rata untuk sukses

Semua pasti butuh proses. Semua pasti mengalami halangan rintangan. Dan sebenarnya, justru itulah “vitamin” yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Dengan kesadaran bahwa semuanya butuh diperjuangkan, maka kita akan jadi pribadi-pribadi yang kuat menghadapi goncangan. Tak ada satu pun tokoh di dunia yang tak mengalami berbagai ujian. Namun justru dengan ujian tersebut, perjuangan mereka justru mengkristal sehingga melahirkan mental utuh yang mengantarkan mereka pada pencapaian yang mampu melewati batas zaman.

Itulah ketujuh karakter kaya mental yang jika dilebur dalam diri akan melahirkan kekuatan luar biasa dalam kehidupan. Namun, itu semua hanyalah sebagian saja dari modal kaua mental yang harus demiliki seseorang untuk sukses. Sebenarnya masih banyak lagi karakter unggulan lain yang masing-masing harus dikedepankan untuk meraih kesuksesan. Yang pasti, dengan terus berusaha, berkarya, berjuang dan melangkah dengan karakter yang terys diasah digembleng pada berbagai “kawah candradimuka”, maka kita pasti akan menjadi manusia-manusia unggulan di berbagai bidang dan peran yang akan kita jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar